Home » » Selamat Hari Blogger Nasional
Saturday, 27 October 2018

Selamat Hari Blogger Nasional

Posted by Mungkin Blog on Saturday, 27 October 2018

Tepat 6 tahun yang lalu saya pernah menulis juga tentang Hari Blogger Nasional yaitu tepatnya ditahun 2012. Wah, sudah lama juga ya saya menulis blog. Padahal zaman sekarang ngeblog katanya udah gak zaman lagi. Kenapa banyak yang berpendapat demikian? Apakah karena perubahan trend? Apakah hobby kita bisa berubah juga mengikuti perkembangan trend? Yuk kita bahas lengkap diartikel kali ini. Setidaknya dari sini saya juga bisa sedikit menghayal kedepannya bersama blog ini.
Baca Juga: Untaian Kata Pada Hari Blogger Nasional

Berdasarkan artikel di tekno.kompas.com disebutkan bahwa "Hari ini (27/10) para blogger memperingati Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 pada pembukaan Pesta Blogger tahun itu." (Sumber: Hari Blogger Nasional, Sejarah dan Perkembangannya)


2018 Masih Zaman Ngeblog?
Jawabannya iya. Masih sangat banyak blogger Indonesia yang masih aktif hingga saat ini. Dari berbagai topik, kebanyakan tentang teknologi, kecantikan, kuliner, travelling dan fashion. Semua tergantung passion masing-masing blogger. Tidak sedikit blogger yang kini juga menjadi seorang vlogger. Dengan aktif juga sebagai creator content di platform YouTube. Mengingat perkembangan internet di Indonesia saat ini sangatlah cepat. Tidak sedikit pula blogger yang berhenti dari hobby nya karena mungkin dulu hanya mengikuti trend saja. Adapula yang masih betah dengan blognya dan menjadikan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya sebagai media promosi yang sangat memudahkan dalam mencari visitor blog.

Bagi sebagian orang, konten dalam bentuk tulisan mungkin membosankan untuk dibaca. Tak heran pada zaman sekarang banyak netizen yang menggunakan dunia maya salah persepsi hanya karena malas membaca. Tidak hanya itu sebenarnya, konten dalam bentuk video pun terkadang masih banyak netizen yang salah tanggap karena tak menontonnya dengan baik dan sampai akhir. Jadi, semua kembali lagi ke individunya masing-masing. 

Bagi saya sendiri, membuat konten blog tentunya lebih mudah dibandingkan vlog. Di blog kita hanya perlu menulis dan itu bisa dilakukan kapan saja walau sehari-harinya kita tidak kemana-mana. Tidak perlu persiapan yang banyak dan perlatan yang banyak. Prosesnya pun tidak lama. Berbeda jauh dengan video, konten berupa video biasanya lebih lama proses pembuatannya, mulai dari shooting, editing, dan lainnya. Butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Namun, jika tidak dipromosikan atau dilakukan dengan baik, belum tentu juga ada yang mau menonton.

Jadi, masalah masih zaman atau tidaknya ngeblog? Itu tergantung pribadi masing-masing pembuat konten. Lebih nyaman membuat konten dalam bentuk tulisan ataukah video. Kalau masalah pencarian konten, kita tidak perlu mempermasalahkan. Tidak semua orang nyaman mencari informasi dengan video, terkadang beberapa orang lebih paham dengan tulisan. So, blogger jangan putus asa.

Resolusi di Hari Blogger Nasional
Tadi saya sudah coret-coret sedikit khayalan di Hari Blogger Nasional ini. Masalah terealisasi atau tidak, itu urusan belakangan. Harapan saya kedepannya bersama blog saya ini MungkinBlog.com, mudah-mudahan saya bisa update minimal 2 postingan dalam satu minggu yaitu hari Rabu dan Sabtu. Mengapa saya ambil 2 hari tersebut? Alasannya yang pertama, karena saya rasa jarak kedua hari tersebut sama-sama cukup untuk menyiapkan sebuah tulisan. Kemudian alasan kedua saya yaitu karena di grup blogger saya yaitu Blogger Energy, wall promosi dibuka pada 2 hari tersebut. Sehingga saya bisa posting, kemudian langsung promosi dan blogwalking ke blog teman-teman lainnya. Saya rencanakan hanya 2 artikel per minggu saja dengan jadwal tetap. Dengan demikian diharapkan subscriber blog ini bisa tau kapan saja saya update artikel blog. Sehingga diharapkan pembaca bisa selalu rutin hadir ke blog saya di 2 hari tersebut. Kalau saya tulis dan rencanakan setiap hari harusnya memang lebih baik, tapi saya rasa waktu untuk menulis belum cukup untuk saya lakukan setiap hari. Mengingat saya juga ada pekerjaan lain sebagai guru dan ibu rumah tangga. Semoga resolusi ini berhasil ya dan tidak sekedar menjadi tulisan saja disini. Aamiin.

Harapan di Hari Blogger Nasional
Semoga kedepannya blogger Indonesia semakin maju dan sukses. Tidak ada lagi yang namanya copy paste tulisan. Apalagi mengambil tulisan kita (blogger) untuk caption Instagram. Pokoknya semoga semakin kreatif dengan hasil karya masing-masing. Tentunya dengan harapan kita bisa sukses untuk mengabadikan setiap momen dengan blog. Atau bahkan yang mencari uang dengan blog, semoga kedepannya lebih lancar lagi dan gajian tiap bulannya. Aamiin. 

Bagaimana blogger? Sudahkah kita update blog hari ini? Sudah berhenti menjadi blogger atau masih betah nulis blog? Komentar di bawah yaaa. 
SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

3 komentar:

  1. Masih terus ngeblog dong, Teh..
    Selamat hari Blogger Nasional 2018
    Semoga blog terus menjadi wadah untuk menceritakan pengalaman dalam untaian kata :)

    Diary terbaru masih dalam tahapan, belum rampung..he

    ReplyDelete
  2. Meski ngga sempat nulis tentang Hari Blogger Nasional, tapi tetap ingin ngucapin sebagai orang yang udah cukup tua di blog juga. Semakin jaya Blogger Indonesia!

    ReplyDelete
  3. Saya nggak pernah posting Hari Blogger Nasional, karena pasti baru sadarnya pas sudah lewat harinya.

    Betul saat ini masih banyak blogger. Tapi sudah tidak seramai dahulu aktivitasnya.

    Saya sendiri agak parah. Targetnya paling sedikit satu posting dalam sebulan hadeuh

    ReplyDelete