Home » » Sensus Penduduk Online 2020, Begini Caranya. Ada Undian Berhadiah untuk Warga Kuansing yang Ikut Serta
Monday, 17 February 2020

Sensus Penduduk Online 2020, Begini Caranya. Ada Undian Berhadiah untuk Warga Kuansing yang Ikut Serta

Posted by Mungkin Blog on Monday, 17 February 2020


MUNGKINBLOG.COM - Mulai dari tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 dilaksanakan sensus penduduk online tahun 2020. Uniknya, untuk meningkatkan minat masyarakat agar turut serta dalam sensus penduduk online ini, Badan Pusat Statistik Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengadakan giveaway dengan berbagai macam hadiah. Giveaway ini dilaksanakan oleh akun-akun instagram besar di Kuantan Singingi. Tujuannya tidak lain adalah agar semakin banyak masyarakat yang tau info tentang sensus penduduk online.

Bagi kalian yang mau dapat hadiah setelah ikut sensus. Cek akun instagram yang bekerjasama dengan BPS Kuansing. Adapun akun instagram yang bekerjasama dengan BPS Kuansing yaitu @infokuansing, @kuansingbacarito, @wonderful_kuansing, @kami_anak_riau, @foraksi_, @riaukabari, @netizenkuansing. Gimana sih caranya? Yuk kita bahas cara ikut serta dalam sensus penduduk online 2020 dan cara ikutan giveaway berhadiahnya.

TUTORIAL SENSUS PENDUDUK ONLINE
1. Buka situs sensus.bps.go.id di aplikasi google chrome di laptop atau handphone
2. Kemudian isikan NIK salah satu anggota keluarga dan Nomor KK, lalu konfirmasi kode yang tertera, lalu klik "cek keberadaan".

3. Masukkan password dan pertanyaan keamanan, baca petunjuk yang ada disitu agar lebih jelas. Kemudian klik "buat password"


4. Kemudian klik MULAI MENGISI
5. Isi bagian pertama yaitu alamat dan kuisioner tentang tempat tinggal, kemudian klik lanjut

6. Bagian kedua kita pastikan semua anggota keluarga yang ada di rumah sudah ditambahkan ke data keluarga, klik tambah untuk menambah anggota keluarga baru atau jika belum terdata, kemudian klik lanjut

7. Lalu lengkapi semua data keluarga yang sudah dimasukkan, isi satu persatu data anggota keluarganya. Karena aku ada 4 orang, maka lengkapi semua data yang 4 orang tersebut. Mulai dari jenis kelamin, agama, suku, tempat tanggal lahir dan lainnya. Nah, dibagian ini, siapkan juga buku nikah untuk melihat nomor surat nikahnya.
8. Jika semua anggota keluarga sudah diinput datanya, klik lanjut, ringkasan
9. Pastikan di bagian RINGKASAN semua sudah muncul tanda ceklis, kalau dirasa sudah yakin benar dan selesai, klik KIRIM

10. Tunggu beberapa saat hingga muncul pilihan LIHAT HASIL dan UNDUH BUKTI PENGISIAN.

11. Klik unduh dan muncul bukti pengisian sensus


KENDALA PENULIS DALAM IKUT SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020
Dalam sensus penduduk online 2020, penulis mengalami kendala pada saat mulai cek keberadaan. Pengalaman penulis, dibagian ini, NIK istri, suami dan adik tidak bisa untuk melanjutkan proses, sehingga penulis gunakan alternatif terakhir yaitu NIK anakku yang baru berumur 1 tahun. Alhamdulillah bisa lanjut. 

Tetapi ini mengakibatkan data awal yang tertera, hanya ada satu  nama yaitu nama anakku saja. Sehingga nama aku, suami dan adik, harus aku tambahkan sebagai anggota baru. Ini tidak apa-apa menurut penjelasan di berbagai info BPS. 

Apabila tidak ada satupun NIK yang bisa digunakan untuk cek keberadaan, maka sensus penduduk dilakukan petugas sensus saat mengunjungi keluarga tersebut pada bulan Juli 2020 untuk disensus manual. Sumber info dari analisaaceh.com. 

CARA IKUT GIVEAWAY BERHADIAH BAGI WARGA KUANSING
Seperti yang aku jelasin sebelumnya, BPS Kuantan Singingi memberikan apresiasi bagi warga Kuansing yang ikut serta dalam Sensus Penduduk 2020. Setiap keluarga yang sudah ikut sensus, boleh ikut undian giveaway berhadiah yang diadakan setiap hari pada akun instagram yang sudah admin sebutkan sebelumnya diatas. Kalian bisa cek satu per satu akun tersebut, akun mana yang mengadakan giveaway pada hari kalian mendaftar. 

Contohnya aku ikut sensus hari Senin, 17 Februari 2020. Tapi, aku mau ikut giveaway pada hari Selasa, 18 Februari 2020. Kebetulan tanggal (18/2) yang mengadakan giveaway adalah akun @riaukabari. Nah, jadi aku cukup cek akun instagram riaukabari dan baca petunjuk ikutan giveawaynya. Syaratnya gampang kok, kita hanya siapin screenshoot bukti pengisian sensus. Setelah itu, kita tunggu pengundian pemenangnya dimalam hari. Semoga beruntung.


Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a comment