Home » , » Air Terjun Batang Koban (7 Tingkat) Tangkoban
Monday, 1 April 2019

Air Terjun Batang Koban (7 Tingkat) Tangkoban

Posted by Mungkin Blog on Monday, 1 April 2019

Air Terjun Batang Koban sering juga disebut Air Terjun Tangkoban. Ada pula yg menyebutnya Air Terjun 7 (tujuh) Tingkat dalam bahasa Kuantan Singingi, Riau disebut "Air Terjun Tujuah Tingkek". Tentunya karena memang air terjun ini memiliki 7 tingkatan. Dari tingkat satu ke tingkat lainnya dibutuhkan waktu sekitar 1 - 5 menit untuk menjangkaunya. Ya, tingkatnya tidak berjenjang seperti tangga, melainkan terletak di beberapa lokasi yang masih dalam aliran air yang sama. Yuk, langsung saja kita bahas tentang Air Terjun Tangkoban.
air terjun batang koban

Letak Air Terjun Batangkoban/ Tangkoban/ 7 Tingkat
Air Terjun Batangkoban terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Dari ibukota Kabupaten Kuantan Singingi yaitu Kota Teluk Kuantan, bisa ditempuh dengan perkiraan 1 jam lebih perjalanan. Berdasarkan google maps di bawah ini, jarak tempuh 35,2 km dengan waktu 1 jam 2 menit dengan kendaraan.



Akses Menuju Air Terjun Tangkoban
Air Terjun Tangkoban dapat ditempuh dengan jalur darat jika kita mulai perjalanan dari Kota Teluk Kuantan dan kemudian setelah sampai di Desa Lubuk Ambacang, bisa kita lanjutkan menggunakan jalur air yaitu dengan melalui Sungai Kuantan. Dari Kota Teluk Kuantan menuju Desa Lubuk Ambacang diperkirakan menghabiskan waktu 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sekitar 15 menit menggunakan perahu bermotor dari Jembatan Lubuk Ambacang menuju Air Terjun. Pada saat kami kesana, perahu bermotor yang kami sewa yaitu seharga Rp.250.000 untuk 1 perahu yang bermuatan lebih kurang 10 - 15 orang. Tentunya sudah untuk pergi dan pulangnya.

air terjun 7 tingkat
doc. pribadi
Saat memulai perjalanan dengan perahu bermotor maka saat itulah dimulai keseruan menuju air terjun ini. Kita akan melihat hamparan hutan di kiri dan kanan. Pemandangan yang masih sangat asri dan membuat mata menjadi segar. Ada pepohonan yang masih alami ada juga perkebunan warga yang tertata dengan rapi. Walaupun warna air sungai yang kita lalui sudah mulai keruh oleh pertambangan emas liar di bagian hulu sungai.

Sesampainya di lokasi Air Terjun Tangkoban, kita tidak akan langsung bisa turun lewat dermaga. Karena pada saat kami kesana dermaga sudah rusak dan sampai saya  tulis saat ini dermaga tersebut masih rubuh. Sehingga pengunjung harus bersusah payah untuk menuju Air Terjun Tangkoban Tingkat Pertama. Bisa lewat bawah tapi lumpur lumayan tebal hingga ke paha. Lewat atas bisa, tapi harus sedikit hati-hati karena tidak ada jalan. Setelah melewatinya barulah kita akan sampai ke dekat air terjun.

Keindahan Air Terjun Tangkoban
Mulai dari tingkat pertama hingga tingkat ke - 7 air terjun kita akan melihat pemandangan yang benar-benar hijau dan asri. Saat ini sudah sangat jarang pengunjung yang datang ke air terjun tersebut, bisa dikatakan dalam sehari mungkin hanya 1 angkutan perahu menuju kesana. Itu artinya kita harus mengajak sekitar 10 - 15 orang teman untuk berwisata kesana. Kalau hanya berdua, maka kebayangkan gimana sunyinya air terjun tersebut. Hanya berdua saja dihutan belantara. Hiiii seram. 

Itulah keunikannya air terjun ini, karena perjalanan darat dan air membuat sedikit wisatawan yang mau datang. Sehingga seandainya kita datang bersama teman-teman sekelas atau teman komunitas misalnya, maka air terjun tangkoban menjadi seolah-olah air terjun pribadi. Itu juga yang membuat air terjun ini tidak terawat lagi, karena jauhnya dari pemukiman warga dan memang sudah banyak alternatif air terjun lainnya di Kabupaten Kuantan Singingi. Tetapi menurut masyarakat sekitar, Air Terjun Tangkoban dibersihkan oleh masyarakat setempat dengan cara bergotong royong setiap mau memasuki bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan adanya tradisi "Mandi Balimau"di Kuansing, sehingga pasti banyak pengunjung pada sehari sebelum Ramadhan untuk "Mandi Balimau" disana.

air terjun tangkoban
Air Terjun Tingkat ke - 4

Dari tingkat pertama menuju tingkat ke-4 air terjun, sudah dibuatkan jalan sehingga lebih memudahkan akses menuju tiap tingkat air terjunnya. Tingkatan favorit yaitu tingkat ke - 4, karena disana kita bisa puas mandi dengan ukuran kolam yang lumayan besar. Sementara untuk menuju tingkat selanjutnya, kita harus sedikit menambah ekstra tenaga, karena tidak lagi melewati tangga. Makanya harus pergi bersama-sama agar sampai ke tingkat paling atas. Akses jalan naik turun, terkadang harus naik dibantu berpegangan pada akar batang. Ada juga menurun kemudian melewati titian pohon tumbang.

air terjun tangkuban kuansing


air terjun batangkoban
Air Terjun Batangkoban Tingkat ke -7

Tingkat ke - 6 juga keren, kita bisa bersandar di bawah air terjun menikmati setiap percikan airnya. Puncaknya yaitu tingkat ke -7, tingkatan paling atas. Pada waktu tertentu, kita bahkan bisa melihat pelangi yang terbentuk dari percikan air terjunnya yang tinggi. Banyak yang bilang, kalau tidak sampai ke tingkat 7, rasanya rugi. Di tingkat ke - 7 kita juga bisa puas mandi, tapi tak bisa ke bawah air terjun kalau alirannya sangat deras, terlalu berbahaya. Namun, jika debit air tidak terlalu deras, kita bisa berenang dibawahnya. Harus tetap hati-hati karena bisa saja ada terbawa bebatuan dari atas air terjunnya. Airnya yang dingin dan anginnya yang kencang membuat kita cepat kedinginan di tingkat paling atas ini.

5 Pendapat dan Foto Terbaik Wisatawan Air Terjun Tangkoban
Saya dan admin instagram @kuansingpict mencari 5 pendapat dan foto terbaik untuk Air Terjun Tangkoban dan mendapatkan tanggapan sebagai berikut (pantau terus instastory @kuansingpict kalau mau pendapat dan fotomu masuk ke situs ini):

Menurut Nurfina melalui akun instagramnya @nurfinaalfiani2 kalau sampai ke tingkat 7, "pue raso hati" puas rasanya hati. Terbayar rasa capek karena melihat keindahan air terjun tingkat ke -7 itu. Jalan menuju air terjun terasa unik karena menggunakan boat, jadi ada kepuasan tersendiri kalau bisa sampai kesana. Air terjunnya menarik karena tingkat ke - 4 ada kolam untuk berenang dan disediakan tali-tali untuk berpegangan bagi yang kurang pandai berenang dan tingkat ke-7 air terjunnya tinggi dan cantik untuk foto-foto. Sayangnya, air terjunnya kurang terawat. Akan lebih baik kalau ada petugas kebersihan supaya tidak lagi berserakan.

Menurut Mesyka melalui akun instagramnya @mesyka_yantii air terjunnya sangat indah dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.


Menurut Teguh melalui akun instagramnya @teguhfrrnd air terjunnya indah dan masih alami. Asyik untuk mandi disana. Sayangnya, saat saya kesana air terjunnya kurang terawat mungkin karena orang sudah jarang kesana. Jembatan yang dipinggir sungai juga sudah hancur-hancur jadi harus lewat bawah. Kalau pemerintah memperbaiki pasti bagus dan ramai lagi.


Menurut Ewa melalui akun instagram @ewasundarii perjalanan kesana seru dengan menggunakan boat dan kondisi air terjun 100% alami. Enaknya berenang di tingkat ke-4 tapi kalau foto bagus ditingkat 7. Saran saya, supaya pemerintah mengelola air terjun ini dengan baik lagi.


Menurut akun instagram @wandriteyo air terjunnya masih alami tapi jalan untuk menuju tingkat 7 harus dibuatkan yang lebih bagus, soalnya kalau mau ke tingkat 7 harus jalan diatas akar-akar karena belum dibuatkan jalan oleh pemerintah sampai tingkat 7.

Nah, itu dia tadi pembahasan tentang Air Terjun Tujuh Tingkat Batangkoban Tangkoban yangterletak di Desa Lubuak Ambacang  Kecamataan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Semoga bisa menjadi referensi untuk yang mau berlibur ke wisataalam Kuantan Singingi. Jika ada pesan atau komentar, silahkan saja dikolom komentar di bawah yaa.

Thanks for reading & sharing Mungkin Blog

Previous
« Prev Post

1 komentar: